Cara Melatih Ayam Birma

cara melatih ayam birma

Cara melatih ayam birma pada umumnya dilompatkan, hal tersebut memangara melompatkan yang baik ? Kita akan bahas dan tuker pikiran agar bisa mendapatkan cara merawat ayam birma yang benar.

Pengalaman yang saya ketahui dari bebotoh Kamboja bahwa cara merawat ayam birma itu sangat mudah karena hanya membutuhkan kandang umbar serta vitamin yang cukup, dipagi hari mereka memandikan ayam tersebut ( sesudah diberi sarapan ), kemudian setelah bulunya kering mereka mulai dengan latihan yaitu melompatkan ayam sekitar 10-15 kali tergantung kekuatan fisik ayam itu, setelah itu mereka melepasnya dikandang umbar yang isinya pasir, agar ayam tersebut bisa melenturkan otot paha dan sayap. Dalam seminggu mereka melompatkan ayam 2-3 kali.

Namun di Bangkok juga menggunakan hal yang sama dan kadang mereka memberikan olah raga tambahan seperti renang agar perkembangan otot sayap dan paha lebih cepat kuat. Biasanya mereka melompatkan ayam sebanyak 30-40 kali lompatan, namun dalam seminggu dilakukan sebanyak 3 kali.

Banyak cara yang digunakan untuk melatih ayam birma agar saat diadu ayam kita bisa meraih kemenangan dengan cepat dan hal tersebut harus didukung dengan kualitas ayamnya.

Cara Melatih Ayam Birma Yang Baik Dan Benar

Cara melatih ayam birma yang baik dan benar menurut para bebotoh dari negara tetangga adalah benar, namun ada beberapa yang saya tidak setuju, contohnya merenangkan ayam, karena hal tersebut bisa merusak bulu sayap dan ekor, selain itu ayam tersebut pasti merasa diforsil, apalagi vitamin yang kita kasih tidak memadai maka ayam kita akan sakit kuning.
Menurut saya cara melatih ayam birma sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak trik kenapa ? karena ayam birma hampir sama dengan ayam hutan, ingin bebas. nah kadang orang merawat ayam harus mengikuti keinginannya, hal tesebut menurut saya salah, karena tidak tidak semua ayam mau dirawat sama.
Cara melatih yang benar menurut saya :
– Berikan sarapan secukupnya dipagi hari
– Mandikan ayam tersebut hingga menggigil
– Jemur hingga bulu kering
– pindahkan ke tempat yang teduh
– berikan air minum setelah ayam tersebut tidak terlihat mogok
– Lompatkan sebanyak 10 kali dilakukan setiap hari.
– Setelah 1 minggu naikan jumlah lompatan ( lihat kondisi ayamnya  dan jangan dipaksa ).
– Setelah dilompatin biarkan ayam tersebut di kandang umbar yang ada tangkringan agar ayam tersebut bisa lompat jika dia mau.
– Biarkan didalam kandang lepas selama 3-4 jam.
– Didalam 1 minggu lakukan cara ini dari hari senin-kamis
– Pada hari jumat cukup mandi jemur ( tidak perlu menjemur ayam tersebut sampe mogok ).
– dihari sabtu ayam diistirahatkan di tempat yang teduh.
– Pada hari minggu coba diabar gimana perkembangannya
Hal ini yang sering saya lakukan dan hasilnya positif, tapi inget berikan vitamin ayam tersebut secukupnya dan jangan terlalu berlebihan karena bisa ngorok.
Maaf jika cara yang saya berikan salah, dan mohon petunjuknya dari para bebotoh senior…

Alice Stevani

Saya hanyalah seorang penulis artikel sepak bola yang ingin berbagi informasi kepada pembaca melalui situs ini. Semua Ulasan sepak bola akan kami berikan untuk sobat yang suka terhadap olahraga sepak bola, tinggalkan pendapat anda setelah membaca setiap artikel, kerjasama anda sangat kami butuhkan. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: